Monday, April 27, 2015

Masalah SMTP Magento, Penyelesaian Email Mogok Terkirim

Masalah SMTP Magento, Penyelesaian Email Mogok Terkirim - Setelah sebulan mencari cara menyelesaikan masalah email toko online magento yang tiba-tiba saja tidak terkirim. Berkat bantuan pengelola hosting yang kami sewa akhirnya masalah dapat terpecahkan juga.



Inti permasalahan adalah terblokirnya email kiriman toko online magento oleh google, entah dikarenakan apa. Kemungkinan besar dikarenakan email kami melanggar standard aturan bulk email google. Whatever, penyelesaiannya adalah dengan melakukan instalasi ekstensi tambahan SMTP Pro pada admin magento kami. Inilah link ekstensi yang berhasil menyelesaikan masalah tersebut http://www.magentocommerce.com/magento-connect/smtp-pro-email-free-custom-smtp-email.html.

Setelah terinstal pada Admin Magento, kemudian setting perubahan SMTP magento pada menu System -> Configuration -> A Schroder Extentions -> SMTP Pro. Setelah itu ubah General Setting ekstension ini. Email connection set pada Custom SMTP, pada authentification pilih Login, lalu pada user name isi email yang hendak Anda gunakan pada toko online Anda, serta masukan passwordnya. Masukan host email dan portnya biasanya 25 dan masukan pilihan SSLnya sesuai settingan email Anda.
Tampilan setting SMTP Pro Ekstention

Kemudian klik tab logging and debugging lalu ubah semua opsi pada tab ini menjadi yes kemudian klik save. setelah di save silahkan jalankan Run Self Test. Jika berhasil akan muncul pesan

SMTP Pro Self Test Results
Sending test email to your contact form address: hello@example.com from: emailanda@domainanda.com.
Test email was sent successfully.
Default templates exist.
Email communications are enabled.
Required database tables exist.
Testing complete, if you are still experiencing difficulties please visit the support page or contact me via support@aschroder.com for support.

Jika pesan yang ditampilkan error atau selain yang diatas, silahkan hubungi hosting Anda. Jika pesannya sama Anda telah sukses.

Demikian artikel ini, semoga membantu Anda.

1 komentar:

  1. informasi menarik! terima kasih... untuk tambahan saja saat ini saya menggunakan magento hosting di http://jaringanhosting.com untuk hosting magento saya tidak ada masalah sama sekali

    ReplyDelete