Monday, January 16, 2012

Batik Papua, Simbol Akulturasi Budaya Nusantara

Salah Satu Corak Batik Papua

Semua orang pasti sudah mengenal batik dari pulau Jawa. Itu mungkin karena batik memang berasal dari Jawa dan punya pengaruh yang luas di Pulau jawa dan juga daerah lainnya di Indonesia barat. Setahun lebih tinggal di papua setidaknya membuat saya mengerti tentang masih adanya ”jarak” antara masyarakat indonesia barat dengan masyarakat papua. Ini adalah kenyataan yang tidak bisa dipungkiri yang mungkin juga ada hubungannya dengan tidak meratanya pembangunan di Indonesia.



Tapi lupakan soal adanya “jarak” yang saya tuliskan tadi. Karena kita akan berbicara tentang ke Indonesiaan Papua. Kita akan membahas tentang Batik Papua. Dulu waktu saya tinggal di Bogor, saya tidak pernah mendengar tentang batik papua. Batik menurut saya waktu itu ya batik Jawa. Batik biasanya kita pakai sebagai seragam kerja di hari jum’at dan mengenakan batik kita lebih merasa sebagai orang Indonesia.

Sama seperti di belahan barat indonesia, ternyata di sini di timur Indonesia. Kami tetap mengenakan batik pada hari jum’at  dan bagi masyarakat asli papua biasanya juga mereka kenakan batik papua untuk beribadah di Gereja-gereja. Dengan corak dan warna yang khas Papua representing inilah batik Papua.  Batik ini juga ada yang sudah diproduksi di sini (Papua) dan juga ada yang masih di produksi di pulau jawa.



Papua style





Batik Papua belakangan juga menjadi souvenir dan cinderamata bagi para pelancong  lokal dan interlokal yang berkunjung kemari (baik itu kunjungan dinas maupun kunjungan wisata). Ya kliatannya lama-klamaan industri batik disini akan semakin berkembang dengan semakin banyaknya toko-toko yang menjual batik papua. 

Saya tidak tahu perihal asal muasal dan sejarah batik Papua, tapi yang jelas menurut saya inilah salah satu bentuk akulturasi budaya di seluruh kepulauan Nusantara. Satu hal yang mungkin tidak dimiliki oleh bangsa lain di asia tenggara termasuk malaysia yang mengclaim kan diri sebagai trully asia. Inilah batik Papua yang konkrit dan menarik. Ini bukan Cuma simbol akulturasi tapi juga kebanggaan sebagai Indonesia (he2 tumben gw nasionalis) .........

Akhirnya sekian pembahasan tentang batik papua. Demikian ... itu sudah ...


0 komentar:

Post a Comment