Tuesday, June 18, 2013

VIVA LA PABRIK ………….





Saya teringat kembali akan sebuah lagu iwan fals di masa lalu yang bercerita tentang orang pinggiran yang berada di pabrik-pabrik. Hari ini saya mau tuliskan bahwa suatu kebanggaan besar buat saya menjadi bagian dari orang pinggiran di pabrik-pabrik. Banyak cerita yang saya punya soal pabrik baja tempat saya bekerja selama 3,5 taun lamanya (hampir sama dengan penjajahan jepang).


Tidak perlu malu untuk menjadi orang pinggiran, karena tanpa orang pinggiran tidak ada orang yang berada di tengah atau orang tengahan. Karena tanpa ada pinggir, tengah tidak akan pernah ada (ha ha mulai ngawur). 
 
Saya bagian SDM di pabrik ketika itu. Bos saya bilang kita itu harus menjadi wakil perusahaan di tengah karyawan dan menjadi wakil karyawan di depan manajemen perusahaan. Tapi pedoman Bos saya itu, tidak membuatnya disukai oleh semua karyawan. Well, tetap saja susah untuk menyenangkan semua pihak kan? Seperti biasa praktek tidak semudah teori.


Mendekati akhir masa bakti saya di pabrik itu, pergolakan terjadi di pabrik. Karyawan yang ketika itu sebagian besar adalah karyawan kontrak mulai melakukan perlawanan. Mereka mulai membentuk serikat pekerja untuk membela hak-hak mereka. Tuntutannya sederhana ketika itu yaitu untuk diangkat menjadi karyawan tetap, peningkatan penghasilan, meminta jaminan sosial terutama kesehatan dan jaminan pensiun dipenuhi oleh pemerintah. 


 
Hati saya ada di pihak karyawan (Meskipun katanya SDM juga harus menjadi representative perusahaan juga). Apa yang mereka inginkan juga saya inginkan. Mungkin orang-orang yang sudah sukses dalam karirnya (yang walaupun mereka juga masih pekerja tapi tidak menganggap diri mereka sebagai kaum buruh karna kesejahteraannya terpenuhi). Akan bilang bahwa orang-orang ini (pekerja) harusnya meningkatkan kemampuan mereka agar dapat meningkatkan penghasilannya juga. Tapi saya juga pekerja, saya tidak punya pabrik (atau setidaknya belum). Sulit untuk meningkatkan kualitas kemampuan saat tidak punya kesempatan, Sulit untuk menciptakan kesempatan itu saat waktu kita habis disibukan pada aktivitas harian pabrik dan menjadi sapi perah perusahaan (Bukan mencari alasan).


Diluar penghasilan dan sebagainya diatas tadi. Pengalaman 3,5 tahun di pabrik baja sebagai admin SDM adalah pengalaman yang sangat menyenangkan. Ber ha ha he he bersama teman-teman, menikmati hari bersama di kota tercinta. Pokoknya Viva la Pabrik …………..










0 komentar:

Post a Comment