Tuesday, December 27, 2011

Persipura. Kebanggaan Orang Papua

Sepasang Suami - Istri Pendukung Persipura Menyaksikan Laga di Stadion Mandala - Jayapura

Judul diatas mungkin agak berlebihan bagi anda, terutama bagi yang tidak menggemari sepakbola. Tapi bagaimanapun itulah kenyataannya Persipura memang kebanggaan bagi masyarakat Papua, tidak hanya masyarakat asli tetapi juga masyarakat pendatang lainnya yang sudah tinggal dan menetap di Jayapura dan diseluruh kota-kota di Papua.


Bulan Juni 2011, Rasanya mungkin seperti natal yang datang lebih awal. Disalah satu hari di Bulan itu (Saya Lupa tepatnya kapan). Hari itu adalah hari perayaan bagi seluruh masyarakat Papua disini. Ya hari itu Persipura dipastikan menjadi Juara Liga Indonesia musim 2010-2011. Ini adalah ketiga kalinya persipura menjadi juara sehingga di baju Persipura disematkan simbol 3 bintang. (Bagi anda pecinta bola pasti tau artinya itu).


Penyambutan terhadap tim Persipura yang baru selesai melakoni Laga berat di Kalimantan, dilakukan sepanjang jalan dari Bandara Sentani - Waena - Abepura - Kota Raja - Skyline - Polimak - Sampai kota Jayapura, Seharian penuh.

Seisi kota jayapura berpesta, mungkin hampir sama dengan kemeriahan tahun baru di kota Bogor, tapi jelas lebih seru yang ini. Karena gak Cuma ada petasan dan kembang api doank. Tapi ada juga tari-tarian khas Papua tentunya. 

Pawai kemenangan masyarakat Jayapura

Pesta di Jalanan Polimak

Malam itu kebetulan pas saya pulang kerja. Dan saya terjebak dalam kemacetan terparah bahkan mungkin bisa disamakan dengan kemacetan di Simpang Pomad – Bogor pada saat tahun baru (Asli macet banget bro – gimana gk macet  banyak orang nari-nari dijalan). Tapi akhirnya dengan sedikit  Tanya-tanya jalan tikus akhirnya saya bisa juga nyampe rumah. Pokoknya seru banget deh, sense of belongingnya masyarakat papua pada Persipura emang bener2 seperti more than just a football kayaknya.

Tapi sayangnya semua antusiasme itu akhir-akhir ini  direm sendiri oleh PSSI era Djohar Arifin dengan keputusan plintat-plintutnya tapi sok tegasnya dengan mencabut kembali pendaftaran Persipura di Liga Champions Asia 2011-1012.  Yang mengakibatkan tidak bisa tampilnya juara Indonesia 2011 ini dikancah Asia. PSSI sepertinya tidak tau tipikal masyarakat Papua yang terus terang dan tanpa basa-basi. 

Bersama Bio Pauline di Kantor Pos Jayapura
Akhirnya Sebesar apapun niatan PSSI era Djohar menjatuhkan Persipura. Persipura tetaplah Persipura. Cenderawasih tetap terbang tinggi.

Persipura Vs Persib dalam ISL 2011
Pawai membawa bendera Belanda
Pendukung Persipura Mengibarkan Bendera Israel

2 komentar:

  1. terimakasih gan sdh mau tambahkan foto saya ke dalam blog gan...
    foto saya yang ketiga dari atas..

    ReplyDelete
  2. He he terimakasih juga telah berkunjung di blog ini bro

    ReplyDelete